Sejarah

Sejarah Perkembangan

Jurusan IPA Terpadu FMIPA Universitas Negeri Semarang saat ini menaungi dua program studi yaitu Pendidikan IPA (S1) dan Ilmu Lingkungan (S1). Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNNES berdiri tanggal 6 April 2009, sesuai dengan SK penyelenggaraan program studi Pendidikan IPA dari Dikti Nomor 498/D/T/2009 perihal ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA jenjang Sarjana (S1). Selain menyelenggarakan Pendidikan calon guru IPA, Prodi Pendidikan IPA juga pernah mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program khusus S1 Pendidikan IPA dari Depag Propinsi Jawa Tengah melalui MEDP (Madrasah Education Development Program) pada tahun 2009, juga dipercaya sebagai penyelenggara PPG(Program Profesi Guru) IPA dalam jabatan. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2826/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018, menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan IPA, pada Program Sarjana Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang Terakreditasi dengan peringkat akreditasi A atau Unggul.

Program Studi Ilmu Lingkungan berdiri sejak tahun 2018, sesuai dengan SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 827/ KPT/ I/ 2018 tentang Ijin pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Sarjana pada Universitas Negeri Semarang dengan predikat akreditasi baik. Lulusan Program Studi Ilmu Lingkungan akan memperoleh gelar Sarjana Lingkungan (S.Ling) dan pada setiap tahun penerimaan mahasiswa baru terus mendapatkan animo tinggi dan kompetitif dari masyarakat untuk masuk menjadi mahasiswa baru melalui berbagai jalur.


Lokasi

Program Studi Pendidikan IPA UNNES berada di FMIPA UNNES, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang. Saat ini, pengelola, ruang dosen dan administrasi bertempat di gedung D5 lantai 1, sedang ruang perkuliahan di gedung D1 dan D3, ruang Laboratorium IPA Terpadu di Gedung D1 101 sd 102 dan D1 lantai 3.