Mahasiswa Jurusan IPA Terpadu selenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2022 ke Bandung, Jawa Barat

Dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan, Jurusan IPA Terpadu, FMIPA UNNES mengadakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan). Kegiatan berlangsung selama 3 hari, yaitu Selasa-Kamis, 8-10 November 2022 di Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Jurusan IPA Terpadu angkatan 2019 dan 2020. Acara ini merupakan  kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan konsentrasi yang ada di Jurusan IPA Terpadu. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKL saat ini sedang menempuh perkuliahan semester lima dan tujuh dikarenakan 2 tahun yang lalu, kegiatan KKL belum dapat terlaksana akibat pandemi covid19.

Peserta sejumlah 218 orang mahasiswa yang berasal dari 2 program studi yang ada di jurusan IPA Terpadu, yakni Program Studi  Pendidikan IPA dan Program Studi Ilmu Lingkungan. Mereka didampingi oleh 7 orang dosen yaitu Pak Arif Widiatmoko, Bu Erna Noor Savitri, Bu Andin Vita Amalia, Pak Prasetyo Listiyaji, Bu Andhina Putri Heriyanti, Pak Amnan Haris dan Bu Luthfi Hanum Saputri.

Peserta kegiatan berangkat pada hari Selasa pagi dengan perjalanan darat menggunakan 5 armada bus. Siang harinya, peserta kegiatan terlebih dahulu mengunjungi objek wisata Trans Studio Bandung sebelum sore harinya menuju penginapan untuk beristirahat. Esok harinya, kegiatan inti dari KKL dilaksanakan dengan kunjungan pertama ke sebuah perusahaan yaitu di Pudak Scientific Bandung. Pudak Scientific Bandung merupakan perusahaan yang memproduksi alat peraga Pendidikan terbesar di Indonesia dan hasilnya sudah diekspor ke berbagai negara lain diantaranya Rusia. Mahasiswa khususnya dari prodi Pendidikan IPA sangat antusias melihat proses pembuatan alat-alat peraga dan kit praktikum IPA yang ada di gudang perusahaan.

Kunjungan berikutnya adalah PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk yang merupakan perusahaan sepatu ternama dengan Indonesia yang sudah berjalan puluhan tahun. Disini mereka diperlihatkan bagaimana proses sebuah perusahaan produksi menciptakan sebuah sepatu dari nol hingga pengemasan. Mahasiswa yang sebelumnya belum terbayang bagaimana pembuatan sebuah sepatu menjadi tahu tentang detail-detail mulai dari bahan, proses, hingga ke limbah pabriknya.

Kegiatan KKL yang diselenggarakan ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan bekal wawasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDIS), khususnya penerapan IPTEK di industri bagi mahasiswa Jurusan IPA Terpadu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi salah satu alternatif hubungan perguruan tinggi-industri dengan pengembangan sumber daya manusia. Hubungan yang mungkin dapat menguraikan kesulitan-kesulitan yang sering dikeluhkan dunia industri dan perguruan tinggi sehingga kegiatan ini akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi mahasiswa saja, tetapi juga bagi perguruan tinggi dan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *