Selasa, 14 September 2021, Jurusan IPA Terpadu mengadakan Guest Lecture oleh Dr. Nor Farahwahidah dari School of Education, Faculty of Social Sciences and Humanities, Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kegiatan ini diadakan pada mata kuliah Fisika Dasar 1 di minggu ke-4 dengan topik “How to teach Newton’s Law”. Pada kuliah umum ini, mahasiswa semester 1 yang mengikuti MK Fisika Dasar 1 digabung menjadi satu jadwal menjadi peserta yang totalnya kurang lebih 140 mahasiswa. Dosen pengampu mata kuliah ialah Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd., Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., dan Arka Yanitama, S.Si., M.Si. Koordinasi telah dilakukan sebelumnya bahwa penting untuk mahasiswa tidak hanya paham akan konten dari materi tapi bagaimana teknik menyampaikan materi dengan baik.

Dr Farah memberikan pengantar dengan menggunakan classpoint yang mengajak peserta masuk ke dalam powerpoint interaktif yang dibuat oleh Dr. Farah sehingga peserta bisa langsung merespon pertanyaan-pertanyaan di dalam powerpoint yang ditayangkan. Kemudian Dr. Farah menjelaskan mengenai STEM secara umum dan bagaimana kita mempelajari STEM khususnya untuk mempelajari fisika. Inti dari perkuliahan umum adalah bagaimana kita sebagai guru memanfaatkan Science Process Skills untuk mengukur capaian pembelajaran yang sesuai. Perkuliahan berlangsung secara interaktif karena Dr. Farah sering sekali mengajukan pertanyaan dan meminta peserta untuk merespon menggunakan emoticon dan kolom chat.

Pada akhir perkuliahan, Dr. Farah menunjukkan salah satu contoh rencana pembelajaran untuk mengajarkan Hukum Newton yang dapat diadopsi sesuai dengan kebutuhan. Beliau juga mengajarkan bagaimana mengembangkan sebuah materi menggunakan pendekatan matematika, sains, dan bahasa. Antusiasme peserta juga terlihat dari beberapa pertanyaan yang muncul diantara bagaimana cara mengkombinasikan model pembelajaran klasik dengan modern, dan pertanyaan mengenai contoh salah satu komponen yaitu “emancipatory” dalam pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.