“Pelatihan Penggunaan Laboratorium Maya Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru” telah dilaksanakan hari Sabtu, 4 September 2021. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan SMP Negeri 3 Secang dan MGMP IPA Kabupaten Magelang serta diikuti kurang lebih 70 peserta baik siswa dan guru dari berbagai sekolah.

Kegiatan pelatihan ini merupakan inisiasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, FMIPA UNNES. Tim pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya Arka Yanitama, S.Si., M.Si selaku ketua tim pengabdi. Anggota tim terdiri atas Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd., Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., dan Trida Ridho Fariz, S.Si., M.Sc. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Drs. Agus Setianta Wahyudi, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Secang. Pada pelatihan ini juga dilakukan survey online terhadap para peserta pelatihan. Hasil survey menunjukkan bahwa mayoritas peserta jarang melaksanakan kegiatan pratikum saat pandemi ini. Selain itu, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pratikum yaitu keterbatasan alat dan bahan serta keterbatasan jaringan internet.

Prasetyo Listiaji selaku pemateri pertama menjelaskan bahwa ada beberapa bentuk kegiatan agar kegiatan praktikum tetap dapat terlaksana yakni home experiments, laboratorium alam, penggunaan augmented reality, dan penggunaan laboratorium maya. Dilanjutkan Arka Yanitama selaku pemateri kedua juga memaparkan bahwa laboratorium maya memiliki beberapa kelebihan yakni fleksibel, mudah diakses, kompleks dan lebih aman. Harapannya kegiatan ini dapat membuka wawasan kepada guru-guru bahwa kegiatan praktikum memiliki alternatif menggunakan lab maya dan juga dapat menjalin kerjasama antara Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan MGMP IPA Kabupaten Magelang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.