Senin, 30 Agustus 2021, Jurusan IPA menghadirkan dua dosen dari Universiti Teknologi Malaysia untuk memberikan perkuliahan pada minggu kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran IPA. Dua dosen tersebut ialah Assoc. Prof. Dr. Norma Alias dan Assoc. Prof. Dr. Yudariah Mohammad Yusof yang juga merupakan pakar di bidang elearning dan media pembelajaran. Pengampu dari Mata Kuliah ini, Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc. dan Arka Yanitama, S.Si., M.Si. memberikan pengantar bahwa materi yang disampaikan Dr. Norma dan Dr. Yudariah ada dalam RPS yang sudah disepakati minggu sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan Zoom Meeting dan dihadiri oleh mahasiswa peserta MK Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran IPA sebanyak sekitar 60 peserta.

Dr. Yudariah mengawali dengan pertanyaan “What do you expect from this course?” dan “What do you fear from this course?” yang harus disubmit ke dalam menti.com dan melihat feedback dari peserta perkuliahan. Dr. Yudariah kemudian memberikan materi awal mengenai transisi pembelajaran dari Face to Face Learning hingga ke Networked Learning yang berbasis komunitas. Pandemi mengubah banyak perilaku manusia termasuk mahasiswa atau pelajar melakukan pembelajaran. Beliau menyampaikan bahwa media pembelajaran berkembang pesat di masa ini dan sebagian besar pelajar menyukai media berbasis Video Pembelajaran dalam penyampaiannya. Setelah teori mengenai Networked Learning, Perkuliahan dilanjutkan oleh Dr. Norma yang memberikan materi mengenai bagaimana pembuatan Video yang baik dan bagaimana platform-platform yang dapat digunakan dalam membuat, mengedit, hingga menyimpan video dalam berbagai sosial media. Dr. Norma juga menyampaikan bagaimana Video Pembelajaran atau animasi dapat menjadi sebuah karya atau aset digital yang dapat dibuat mahasiswa baik dengan cara yang sederhana atau profesional.

Di Akhir Perkuliahan, Dr. Yudariah dan Dr. Norma juga memberikan praktik menggunakan platform Jamboard dan meminta seluruh mahasiswa membuat sticky notes mengenai perkuliahan hari ini secara langsung dan menampilkannya secara langsung juga dalam Zoom Meeting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.