Jumat, 20 Agustus 2021. Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan IPA Terpadu yang diketuai oleh Risa Dwita Hardianti, S.Pd., M.Pd. telah menyelesaikan serangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mitra MGMP IPA Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan Zoom Meeting dengan sebelumnya pada kegiatan minggu pertama yang diadakan hari Jumat, 13 Agustus 2021 dibuka oleh Ketua Jurusan IPA Terpadu, Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd. dan sambutan oleh Ketua MGMP IPA Kota Semarang, Sukimin, S.Pd., M.Pd.. Pada minggu pertama sebanyak 30 anggota aktif pelatihan dengan antusias menyimak dua materi awal dengan Pemateri 1 oleh Indah Urwatin Wusqo, S.Pd., M.Pd. berjudul “PTK dan Analisis hasil PTK” dan Pemateri 2, Stephani Diah Pamelasari, S.S., M.Hum. yang berjudul “Penulisan artikel hasil penelitian”.
Pada minggu pertama, peserta diberi penugasan berupa artikel sesuai dengan materi yang disampaikan dimana artikel tersebut di minggu kedua dapat langsung dikirimkan ke jurnal-jurnal sesuai yang peserta inginkan. Pada minggu kedua, Pemateri 1, Erna Noor Savitri S.Si., M.Pd. menyampaikan mengenai “Jurnal dan tips submit artikel ke jurnal-jurnal Nasional”, dilanjutkan Pemateri 2, Arka Yanitama, S.Si., M.Si. melakukan bimbingan teknis untuk “Cara mengirimkan artikel melalui Open Journal System (OJS)”.

Indah Sukawati, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan “pelatihan yang diadakan dapat membuka wawasan guru-guru terkait jenis-jenis jurnal dan apa yang harus kami lakukan terkait hasil penelitian PTK”. Tidak hanya itu, tim Pengabdian juga memberikan fasilitasi berupa pembimbingan secara daring menggunakan WA Grup secara berkala hingga artikel dapat diterbitkan dan juga memberikan reward kepada peserta pelatihan yang dapat terlebih dahulu diterima di suatu jurnal Nasional. Harapan dari tim pengabdi adalah dapat menyalurkan ilmu yang dibutuhkan dan mempererat kerjasama antara dosen dan guru karena dalam dunia profesional, dosen dan guru perlu untuk selalu selaras dan sinkron dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.