Salah satu program yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ialah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam program itu diharapkan ada pertukaran dosen dan mahasiswa antar universitas baik dalam negeri maupun luar negeri. Pada hari Rabu, 31 Maret 2021, Salah satu Mata Kuliah di Prodi S1 Pendidikan IPA yaitu Mata Kuliah “STEM(Science, Technology, Engineering, and Matematics)” mengundang dosen dari Kasetsart University, Thailand. Adapun dosen dari KU tersebut adalah Asst. Prof. Dr. Kulthida Nugultham yang merupakan ekspert di bidang STEM. Sedangkan dosen Pengampu mata kuliah STEM di UNNES sendiri diampu oleh ibu Indah Urwatin Wusqo, S.Pd., M.Pd. yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan Dr. Kulthida.

Dikarenakan masih dalam pandemi, perkuliahan kali ini masih dalam moda daring menggunakan zoom meeting. Perkuliahan kali ini merupakan perkuliahan minggu ke-empat yang bertemakan “Integration Model between STEM with scientific approach and learning cycle 5E”. Dr. Kulthida menyampaikan materinya dengan bahasa inggris yang baik dan sederhana sehingga mahasiswa menyimak dengan baik ditunjukkan dari ekspresi para mahasiswa di tangkapan layar. Selain pertukaran dosen, pada Mata Kuliah ini sudah diikuti juga oleh beberapa mahasiswa dari luar UNNES diantaranya dari UNESA, UM, dan UNIMED yang terdaftar dalam program MBKM dan akan mengikuti selama satu semester.

Harapannya, kegiatan baik pertukaran dosen maupun mahasiswa dapat berlangsung lebih sering sehingga menambah pengalaman mengikuti perkuliahan di luar kampusnya sendiri dan membuka wawasan lebih luas lagi. Selain itu, diharapkan dapat menjadi awal dari terjalinnya kerja sama antara UNNES dengan beberapa kampus baik dalam maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.