Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Natural Science Competition (NSO) ke-10. Berbeda dengan tahun sebelumnya, NSO ini diselenggarakan secara daring mengingat menyesuaikan dengan situasi pandemi. NSO terlangsung dari 2 tahap yaitu tahap pertama pada tanggal 12 September 2020 dan tahap kedua berlangsung pada tanggal 4 Oktober 2020. Pada tahap pertama diikuti oleh 33 sekolah pada tingkat SMP Sederajat.

Bramu Nur Zakiyan selaku ketua hima ipa terpadu 2020 mengatakan dalam kegiatan NSO (Natural Science ) ke 10 tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pada tahun ini diselenggarakan secara online menggunakan website e-ujian.com, karena sedang dalam masa pandemi.

“Laman web e-ujian olimpiade ini sudah disetting sedemikian rupa dimana peserta didik dapat terlihat jika melakukan sebuah kecurangan ketika mengerjakan olimpiade”, ujarnya. Bramu juga berpesan kepada peserta didik agar mengutamakan kejujuran dalam mengerjakan olimpiade ini.

Kegiatan NSO X ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan IPA Terpadu UNNES, Novi Ratna Dewi, M.Pd. Pada kegiatan NSO X tahun 2020 tahap 2 ini diawali dengan babak pertama yaitu dengan diadakannya Tes IPA Terpadu (TIT) yang diikuti oleh 30 peserta terbaik yang telah lolos pada tahap 1 kemarin. Kemudian untuk mengisi waktu pada saat acara pengerjaan soal di e-ujian maka diadakan acara workshop pendamping. Ketika siswa mengerjakan soal Tes IPA Terpadu atau pada babak pertama pendamping diberikan acara semacam workshop yang diisi oleh Dosen Jurusan IPA Terpadu UNNES yaitu Prasetyo Listiaji, M.Sc dan Muhamad Taufiq, M.Pd.

Kemudian pada babak praktikum diikuti oleh 8 peserta terbaik yang di yang diseleksi pada pada babak pertama. Pada babak praktikum ini, menggunakan aplikasi atau web PhET simulation kemudian dilakukan pengawasan menggunakan zoom meeting yang diawasi oleh setiap panitia pada masing-masing Zoom meeting yang digunakan oleh peserta saat mereka melakukan praktikum atau langkah-langkah yang mereka lakukan pada saat praktikum sehingga juri dapat menilainya.

  • Setelah babapak praktikum terpilihnya 6 besar terbaik sebagai juara yaitu
  • Juara 1 MUHAMMAD MAQUSA FALA (MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus)
  • Juara 2 NAZWA ALIYA RAHMA PUTRI (MTs N 1 Pati)
  • Juara 3 ARKAN FADHIL KAUTSAR (SMPI AL-AZHAR BSD)
  • Juara Harapan 1 KEISYA DHIANDRA PRABOWO (SMP SEMESTA SEMARANG)
  • Juara Harapan 2 GIAZ FIRGI RAFALDI (SMPN 1 SEMARANG)
  • Juara Harapan 3 FRANSISKA ECISIA HARIMUTI (SMP PANGUDI LUHUR AMBARAWA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.